10 Makna Kenaikan Isa Almasih (Yesus Kristus) Ke Surga

Makna Kenaikan Isa Almasih atau Kenaikan Yesus Kristus merupakan peristiwa yang terjadi 40 hari setelah kebangkitan Yesus. Peristiwa kenaikan Yesus ini disaksikan oleh para muridnya. Alkitab mencatat bahwa Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup oleh awan.
Kenaikan Isa Almasih
Kenaikan Isa Almasih

Setelah Yesus terangkat ke Sorga, dua malaikat muncul dan berjanji bahwa Yesus Kristus akan kembali sama seperti mereka melihatNya naik ke Sorga. Peristwa kenaikan Yesus Kristus ini tentunya memiliki makna. Adapun makna dari kenaikan Yesus adalah sebagai berikut.

1. Misi Yesus di bumi telah selesai
Ada dua tugas misi Yesus di bumi yaitu untuk memberitakan Injil dan memberikan nyawaNya untuk menebus dosa manusia. Karena misiNya telah selesai, Ia kemudian naik ke Sorga untuk kembali bersama dengan Bapa.

2. Roh Kudus diutus ke bumi
Saat Perjamuan Terakhir bersama dengan para muridNya, Yesus berjanji untuk memberikan Seorang Penghibur bagi mereka. Seorang Penghibur ini akan datang setelah Yesus naik ke Sorga. Roh Kudus ini akan menyertai para murid sampai selamanya menggantkan posisiNya di bumi.

3. Tugas pemberitaan Injil telah diserahkan Yesus kepada GerejaNya
Sebelum Yesus naik ke Sorga, Ia terlebih dahulu memberikan tugas kepada para murid untuk memberitakan Injil kepada segala bangsa. Pemberitaan Injil merupakan misi utama Yesus ketika Ia ada di dunia. Kini, misi itu menjadi tugas GerejaNya.

4. Yesus adalah Tuhan
Sorga merupakan kediaman Tuhan bersama dengan para malaikatNya dan bukan merupakan kediaman manusia. Dengan terangkatnya Yesus ke Sorga telah membuktikan Ia adalah Tuhan. Yesus adalah Tuhan yang turun ke bumi ini dalam rupa manusia. Ia datang ke bumi untuk menyelamatkan dosa manusia. Oleh sebab itu, ketika misiNya telah selesai, Ia kembali lagi ke Sorga.

5. Yesus adalah penguasa dunia
Setelah Yesus naik ke Sorga, disebutkan bahwa Ia duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Sebelah kanan sendiri memiliki makna otoritas, wewenang dan kekuasaan. Jika seseorang duduk disebelah kanan raja maka ia memiliki otoritas dan kekuasaan selain raja. Demikian juga dengan Yesus. Ia memiliki wewenang untuk memerintah di Sorga bersama dengan Bapa. Dan dari Sorga kelak, Ia akan datang untuk menghakimi segala dosa manusia dan akan memerintah sebagai raja selamanya.

6. Yesus hamba yang diperkenan Allah
Sebagai seorang hamba dalam rupa manusia, Yesus sangat berkenan di hadapan Allah. Allah menghargai apa yang dilakukan oleh Yesus sebab selama pelayananNya Ia harus menderita, disalibkan kemudian mati. Ia begitu terhina di duna ini. Karena Ia berkenan di hadapan Allah, maka Allah bersama dengan Yesus memerintah di Sorga dan Yesus pun duduk disebelah kanan Allah Bapa.

7. Yesus menjadi pendoa bagi kita
Setelah Yesus naik ke Sorga dan duduk disebelah kanan Allah Bapa, tentunya Yesus tidak hanya diam saja. Disana Ia menjadi pengatara bagi kita. Pengatara yang dimaksud ialah Yesus di Sorga berdoa syafaat bagi kita semua.

8. Yesus menyediakan tempat bag kita umatNya
Salah satu alasan Yesus naik ke Sorga yaitu untuk menyediakan tempat bagi kita umatNya. Setelah Ia selesai mempersiapkan tempat bagi kita, a akan datang kembali ke dunia ini untuk menjemput manusia sehingga kita bisa bersama denganNya selama-lamanya.

9. Yesus akan datang kembali ke dunia
Yesus akan datang lagi ke dalam dunia. CaraNya datang ke dunia ini sama seperti ketika Ia naik ke Sorga yaitu penuh kemuliaan dan disertai oleh para malaikat. Ia datang kembali ke dunia ini untuk menghakimi manusia, memerintah dalam KerajaanNya yaitu Kerajaan Seribu Tahun.

10. Nubuat Alkitab dapat dipercayai
Kenaikan Yesus ke Sorga merupakan penggenapan nubuat Alkitab khususnya nubuatan dalam Perjanjian Lama.

Demikianlah artikel ini dibuat. Kiranya artikel ini dapat menjadi berkat bagi kita semua sehingga kita dapat memaknai arti sesungguhnya dari kenaikan Yesus ke Sorga.

Elia A
Hidupkasih.com

Belum ada Komentar untuk "10 Makna Kenaikan Isa Almasih (Yesus Kristus) Ke Surga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel