Apa itu Nasrani? Apa bedanya dengan Kristen

Nasrani dan Kristen. Pada zaman dulu orang orang yang berasal dari Nazareth disebut sebagai Nazarios. Sebutan ini merupakan sebuah ejekan yang ditujukan bagi orang-orang Nazareth sebab pada masa itu Nazareth bukanlah sebuah tempat yang bergengsi. Dari istilah inilah akhirnya muncul kata Nasrani karena kedua kata tersebut dianggap mirip. Padahal kata Nasrani sendiri sudah ada sebelum lahirnya Yesus Kristus.

Namun, Nasrani lebih banyak digunakan sebagai julukan yang ditujukan oleh orang Yahudi kepada pengikut Yesus. Pengikut Yesus yang dimaksudkan disini bukanlah orang yang sama dengan murid Yesus melainkan orang-orang yang bukan merupakan orang Yahudi namun mengikut Yesus dimana julukan ini diberikan oleh jemaat di luarKristen.
Apa itu Nasrani

Dalam Kisah Para Rasul 25:5 disebutkan bahwa Nasrani merupakan sekte Yahudi yang sudah ada sebelum Yesus lahir dimana sekte ini menganut mistik gnostik. Gnostik merupakan suatu sekte yang mempercayai bahwa tubuh sesungguhnya adalah penjara jiwa yang memisahkan tubuh dengan roh. Pemahaman yang ada dalam sekte ini dipengaruhi oleh filsafat Platonis. Sebenarnya orang Kristen yang berada di sekitar Arab pada masa awal juga menganus kepercayaan gnostik ini sebab mereka percaya bahwa Yesus hanyanlah manusia pura-pura dimana luarnya saja yang terlihat seperti manusia. Akhirnya kekristenan pada masa itu sering disebut sebagai Nasrani. Sekte Nasrani ini merupakan jemaat Kristen perdana dimana Ephipanius memberitakan bahwa sekte ini ada sekitar 400 tahun awal kekristenan.

Kata Nasrani kemudian berubah menjadi kata Kristen.Kata Kristen sendiri pertama kali disebutkan dalam Kisah Para Rasul 11:26 sehingga kata ini baru dikenal pada saat Perjanjian Baru.Pada masa itu, kata Kristen merupakan julukan yang diberikan kepada murid-murid Yesus di Antiokhia.
Kata Kristen sendiri berasal dari kata Khristianos yang berarti serdadu atau pengikut Kristus. Namun tak sedikit pula yang mengatakan bahwa Khristianos sendiri merupakan bentuk dimutive dari kata Khristos yang secara umum merupakan julukan yang berupa ejekan yang memiliki arti Kristus Kecil. Pada masa itu, julukan ini diberikan kepada pengikut Kristus mula-mula. Namun pada tahun 60 Masehi kata Kristen menjadi kata baku dan digunakan oleh Herodes untuk menyindir Paulus. Pada masa Romawi, nama Kristen dipakai untuk mengejek orang yang dipandang sebagai budak.

Perbedaan Nasrani dengan Kristen


Nasrani sendiri kerap kali disamakan dengan Kristen namun sesungguhnya keduanya jelas berbeda. Dalam Perjanjian Baru khususnya Kisah Para Rasul 25:5 kata Nasrani pernah disebutkan satu kali. Kata Nasrani ini ditujukan bagi mereka yang seringkali menimbulkan kekacauan bahkan orang Nasrani sering dikatakan sebagai penyakit sampar dalam masyarakat. Selain itu, orang Nasrani seringkali digambarkan sebagai orang-orang yang berusaha untuk melanggar kekudusan bait Allah sehingga mereka seringkali ditangkap dan diadili menurut hukum Taurat.

Istilah Nasrani ini merupakan julukan dari orang Yahudi untu pengikutYesus karena Yesus berasal dari Nazareth sehingga pengikutNya dinamakan Nasrani. Kristen sendiri di dalam Alkitab khususnya Perjanjian Baru disebutkan sebanyak tiga kali. Dalam Alkitab, kata Kristen ditujukan kepada murid-murid yang memberitakan bahwa Yesus adalah Tuhan. Berikut merupakan perbedaan antara Nasarani denga Kristen.

Nasrani

  1. Merujuk pada ajaran sekte Yahudi yang sudah ada sebelum Yesus lahir dimana sekte ini menganut mistik gnostik. Pada masa itu pengikutnya disebut dengan Nashara atau Hawariyun.
  2. Masih menjalankan hukum Taurat.


Kristen

  1. Keyakinan yang mempercayai bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat
  2. Mengikuti ajaran Yesus Kristus.

Demikianlah artikel ini mengenai apa sebenarnya itu Nasrani. Kiranya artikel ini dapat memberikan informasi untuk kita semua.

Elia A

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Nasrani? Apa bedanya dengan Kristen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel