4 Contoh doa pengakuan dosa kristen mudah singkat dan jelas

Kumpulan Doa Pengakuan Dosa
Doa merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari hidup orang percaya sebab doa merupakan nafas kehidupan bagi kita semua. Dengan berdoa, hubungan kita dengan Allah menjadi semakin dekat dan kita dapat beroleh berkat dariNya. Salah satu doa yang sering dipanjatkan oleh orang percaya adalah doa pengakuan dosa. Doa pengakuan dosa merupakan salah satu doa dimana kita mengucapkan segala dosa dihadapanNya dan memohon pengampunan dari padaNya.

Doa pengakuan dosa ini biasanya disebutkan secara bersama ketika melakukan ibadah di gereja. Tidak hanya diucapkan di gereja saja, doa pengakuan dosa juga dapat diucapkan secara pribadi kepadaNya. Berikut ini merupakan kumpulan doa pengakuan dosa yang dapat digunakan sebagai contoh.
Doa Pengakuan Dosa
prayprayer.com

Contoh Doa Ke 1

Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Sorga, pada kesempatan hari ini kami datang ke hadiratMu untuk mengakui segala dosa dan pelanggaran yang telah kami perbuat baik dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Seringkali kami berusaha untuk menutupi segala dosa dan pelanggaran yang telah kami perbuat dari hadapan sesama kami bahkan dari hadapanMu. Kami tahu ya Bapa, Engkau adalah Allah yang Maha tahu, bagaimana pun kami menutupi segala dosa dan pelanggaran yang telah kami perbuat, tidak akan ada yang tersembunyi bagiMu.

Engkau adalah Allah yang mengasihi kami, namun kami kerapkali tidak mengasihiMu bahkan lari dari hadiratMu. Ketika Engkau memanggil kami, kami justru tidak mendengarnya karena dosa yang telah kami perbuat menghalangi hadiratMu masuk dalam hidup kami.

Karena kesibukan yang kami lakukan, kami menjadi lupa bahwa ada penyertaanMu dalam kehidupan kami. Kami terlalu egois serta bebal. Kami selalu membenarkan apa yang sebenarnya jahat di hadapanMu. Kami selalu merasa lebih benar dan lebih hebat dibandingkan orang lain. Iri hati dan prasangka buruk yang ada dalam hati kami justru malah melukai hati orang lain.

Oleh sebab itu ya Bapa, kiranya Engkau sudi mengampuni segala dosa dan pelanggaran yang telah kami perbuat. Kami sadar jika kami telah berdosa di hadapanMu. Kiranya Engkau mau mengasihi kami menurut kasih setiaMu.

Hapuskanlah segala dosa dan pelanggaran kami ya Allah. Ubahkanlah hidup kami menjadi baru yang hidup seturut dengan kehendakMu. Inilah doa yang kami panjatkan yang kami alaskan dalam satu nama Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.

Contoh Doa Ke 2
Bapa yang penuh kasih dan sayang, pada kesempatan hari ini kami datang ke dalam hadiratMu yang kudus dengan segala kerendahan hati. Pada kesempatan hari ini, kami mau dengan sadar mengakui sedala dosa-dosa kami di hadapanMu.

Seringkali kali lalai dan lari dari perintahMu. Seringkali kami lebih mengikuti nafsu duniawi kami sehingga kami jauh dari kasih dan penyertaanMu. Kami memberontak terhadapMu. Kami menyakiti hati sesama kami bahkan kami menyakiti hatiMu.

Telah banyak perbuatan yang kami lakukan menyimpang dari jalanMu yang benar. Sering sekali kami hidup dengan melupakan penyertaanMu. Kami merasa mampu bahkan kuat untuk menjalani hidup ini tanpa penyertaanMu. Kami bahkan lebih memilih jalan kami sendiri bukan jalanMu.

Kami sadar akan kecenderungan hati kami untuk berbuat jahat hingga kami jauh dari kehendakMu. Kami sadar betapa beratnya dosa yang kami tanggung. Kami merasa hidup kami dipenuhi dengan rasa bersalah, kehilangan sukacita bahkan kehilangan damai sejahtera dari padaMu.

Karena itu ya Bapa, kiranya Engkau sudi mengampuni dosa dan kesalahan yang telah kami perbuat. Kami mohon belas kasihMu ya Bapa. Kiranya setelah kami menerima kasih karuniaMu kami bisa memperbaiki hidup kami dan hidup seturut dengan kehendakMu. Biarlah kasih karuniaMu membersihkan kami dari segala dosa dan pelanggaran yang telah kami perbuat dan digantikan oleh damai serta kasihMu. Dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa. Amin.

Contoh Doa Ke 3
.
Ya Tuhan, Engkau mengenal kami lebih dari siapapun. Engkau mengetahui apa yang menjadi keinginan kami. Engkau mengetahui setiap tindakan kami. Bahkan Engkau mengetahui setiap pikiran kami. Engkau mengetahui dan mengenal kami lebih dari siapapun. Engkau menganggap kami sebagai biji mataMu yang berharga. Engkau begitu mengasihi kami anak-anakMu.

Namun ya Bapa, kami sadar, karena kasih yang telah Engkau berikan kepada kami justru membuat kami menjadi lupa akan Engkau. Kami selalu menuntut agar Engkau mengabulkan setiap keinginan kami. Ketika keinginan itu tidak terkabul, kami memberontak kepadaMu. Kami mencari cara kami sendiri agar kami dapat memenuhi apa yang kami inginkan bahkan kami tak segan menyakiti hati sesama kami.

Kesadaran kami akan kehadiranMu menjadi semakin tumpul karena kami telah terbiasa dengan kasih yang Kau limpahkan. Di dalam kekosongan dan kesepian hidup kami, kami justru jatuh dan berbuat jahat di hadapanMu. Kami melayani Engkau namun tidak sepenuh hati. Kami justru kehilangan sukacita untuk melayani dan menerima berkatMu.

Oleh sebab itu ya Bapa, kiranya Engkau sudi mengampuni kesalahan kami baik dalam pikiran, perkataan mau perbuatan yang kami lakukan. Kiranya Engkau mau menunjukkan kepada kami kasih pengampunan yang melepaskan kami dari belenggu dosa yang mengikat kami sehingga kami bisa terbebas dari dosa dan beroleh kasih penyertaanMu. Bawa kami untuk lebih dekat kepadaMu ya Bapa. Amin.

Contoh Doa Ke 4
Bapa yang kami kasihi. Bapa yang penuh kasih dan juga rahmat. Terima kasih atas segala berkat yang Kau limpahkan atas kami semua. Ya Tuhan, pada kesempatan hari ini kami dapat datang ke hadiratMu bukan karena kuat dan hebat kami namun itu semua karena kasih danpenyertaan yang Kau limpahkan atas kami. Namun ya Bapa, kiranya terlebih dahulu Engkau melayakkan kami agar kami layak di hadapanMu.

Ya Bapa, kami sadar bahwa tidak ada Allah lain seperti Engkau yang panjang sabar dab berlimpah kasih setia. Engkau selalu mengasihi kami meskipun kami telah berdosa di hadapanMu. Engkau tidak pernah meninggalkan kami sekalipun dosa terus membelenggu kami untuk melakukan perbuatan dosa.

Namun, di tengah kehidupan kamu yang penuh dengan dosa, Engkau justru memberikan kesempatan kepada kami untuk datang dan bertobat. Engkau tidak menolak kami ketika kami datang ke hadapanMu. Ya Tuhan, kami sadar betapa hati kami tidak sepenuhnya mengasihi Engkau yang padahal Engkau telah mengasihi kami dengan sepenuh hati.

Kami selalu melakukan perbuatan yang menyimpang dari jalanMu yang benar bahkan berulang kali kami melakukan kesalahan yang sama. Kami terus bersungut-sungut sehingga kami lupa untuk mensyukuri hidup ini.

Ampuni kami ya Tuhan karena kami banyak membuang kesempatan yang Tuhan berikan dengan tindakan kami yang sia-sia. Kiranya Engkau melawat dan menjamah hati kami agar kami bisa hidup seturut dengan kehendakMu dan mengikuti segala perkataanMu. Layakkanlah dan ubahlah hidup kami Ya Bapa. Jadikanlah hidup kami baru. Dengarlah doa kami Ya Bapa. Dalam nama Yesus kami telah berdoa. Amin.

Demikianlah contoh doa pengakuan dosa. Kiranya kita memiliki kerelaan hati untuk mengakui segala dosa yang telah kita perbuat di hadapanNya. Ketika kita mengakui segala dosa dan pelanggaran yang telah kita perbuat pasti Ia akan mengampuninya. Kiranya artikel ini dapat menjadi berkat bagi kita semua.

Elia A

Belum ada Komentar untuk "4 Contoh doa pengakuan dosa kristen mudah singkat dan jelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel