7 Cara berdoa yang benar ? Agar Doa Mu di Jawab

Cara berdoa yang benar - Memiliki Sikap dan Doa Yang Benar di HadapanNya
Seperti yang kita ketahui, doa merupakan nasfas kehidupan bagi orang percaya. Dengan berdoa, hubungan kita dengan Allah menjadi dipulihkan sehingga kita bisa mengetahui apa kehendak Tuhan di dalam hidup kita. Doa juga merpakan bentuk persekutuan kita dengan Tuhan. Selain itu doa juga merupakan bentuk komnikasi kita dengan Tuhan.

Berdoa merupakan hak istimewa yang telah Tuhan berikan bagi kita. Dikatakan sebagai hak istimewa sebab tidak semua orang mampu berdoa kepadaNya. Selain itu, ketika kita berdoa kepadaNya kita diijinkan untuk menyebut namaNya bahkan memanggilNya dengan sebutan Bapa. Ini tentu menjadi hak yang istimewa bagi kita anak-anakNya.
7 Cara berdoa yang benar  Agar Doa Mu di Jawab
hdwallpapers.cat

Sempat disinggung sebelumnya bahwa doa merupakan bentuk komunikasi kita dengan Allah. Komunikasi yang terjalin di dalam doa bukanlah merupakan komunikasi satu arah dimana hanya kita saja yang berbicara denganNya, namun merupakan komunikasi dua arah sebab melalui doa yang kita panjatNya, Ia juga berbicara dengan kita.

Setiap orang yang memanjatkan doa kepadaNya tentu memiliki pokok doa yang ingin didoakan. Pokok doa yang didoakan oleh setiap orang tentunya berbeda tergantung tujuan mengapa ia berdoa. Pokok doa yang kita panjatnya bisa berupa pokok doa pribadi bahkan bisa pula pokok doa yang dinaikkan bagi orang lain. Ketika kita bedoa bagi orang lain, berarti orang tersebut sedang memiliki kelemahan sehingga ia memerlukan dukungan doa dan kekuatan dari sesamanya misalkan ketika ia sedang sakit.

Ketika kita berdoa, kita dapat merasakan kuasa Allah nyata dan bekerja dalam hidup kita untuk mendatangkan kebaikan. Ketika kita rajin bersekutu denganNya, kita telah membangun sebuah hubungan yang intim denganNya sehingga kita akan lebih dekata dan merasakan kuasaNya. Pernahkah ketika anda lupa berdoa anda merasa gusar seharian penuh? Jika pernah, berarti Roh Kudus sedang bekerja untuk mengingatkan anda berdoa sebelum memulai aktivitas.

Unsur-Unsur Yang Terkandung Dalam Doa

Ketka kita berdoa, ada unsur-unsur penting dalam doa yang perlu kita perhatikan. Unsur-unsur doa tersebut antara lain:

1. Penyembahan

Penyembahan merupakan ungkapan hormat kita yang terdalam kepada Allah. Seringkali kita melupakan hal ini dalam setiap doa yang kita panjatkan. Penyembahan merupakan hal yang harus ada dalam setiap doa yang kita panjatkan sebab penyembahan merupakan bukti hormat kita kepada Allah atas kebesaran dan kasihNya di dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu, mulailah berdoa dengan menyembah dan memuji nama Tuhan.

2. Pengucapan syukur

Ucapan syukur adalah ungkapan terima kasih kita kepada Allah atas segala hal yang telah Ia lakukan dalam kehidupan kita. Seringkali kita melupakan unsur ini karena kita terlalu fokus akan akan yang kita doakan hingga kita melewati karunia penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Pengucapan syukur merupakan bukti kita masih bisa merasakan kasihNya dalam kehidupan kita. KasihNya yang kita rasakan tidak hanya hari ini saja Ia curahkan, namun setap detik dalam kehidupan kita Ia selalu mencurahkan kasih dan berkatNya sehingga tidak ada lasan bagi kita untuk tdak bersyukur.

3. Pengakuan dosa

Dosa merupakan penghalang relasi kita dengan Allah. Oleh sebab itu ketika kita berdoa, minta ampunlah dan akuilah segala dosa yang telah kita perbuat agar Tuhan melayakkan kita untuk dapat hadir dihadapanNya. Pengakuan dosa ini juga menandakan bahwa kita adalah makhluk yang lemah yang tidak dapat hidup tanpa penyertaanNya. Oleh sebab itu, kita harus mengakui dosa kita di hadapanNya sebab tidak ada satu pun manusia yang dapat luput dari dosa.

4. Permohonan untuk diri sendiri dan untuk orang lain

Selain untuk diri kita sendiri, berdoa juga dapat dilakukan untuk orang lain. Berdoa bagi orang lain juga merupakan hak istimewa sekaligus tanggung jawab yang Allah berikan kepada kita. Ketika kita berdoa bagi orang lain, kuasa Allah dapat secara nyata hadir bagi orang tersebut. Berdoa untuk orang lain sering kali kita lupakan karena kita menganggap bahwa hanya dir kitalah yang sedang mengalami kesulitan dan memerlukan kekuatan. Mendoakan orang lain justru merupakan bentuk kasih kita kepada sesama sebagai bukti bahwa Allah juga telah mengasihi kita.

Mengapa Tuhan Tidak Menjawab Doa Kita?

Ketika kita sudah tiap hari berdoa kepadaNya namun Ia tidak menjawab doa kita bukan berarti Ia tidak mengasihi kita. Ia belum menjawab doa kita karena Ia ingin melihat sampai sejauh mana kita dapat berharap kepadaNya. Terkadang jawaban doa yang kita naikkan kepada Tuhan tidaklah selalu harus jawaban atas apa yang kita inginkankan. Hidup yang kita kalani merupakan milik Tuhan sehingga seharusnya Ia yang menentukan apa yang Ia akan berikan bagi anakNya.

Sesungguhnya Tuhan selalu menjawab doa kita dan memenuhi segala kebutuhan kita menurutkehendakNya. Ada 3 jawaban doa yang Tuhan berikan kepada kita yaitu Ya, Tidak dan Tunggu Dulu. Ketka Tuhan berkata Tidak, bukan berarti Ia tidak akan menolong kita. Justru Ia akan memberikan sesuatu yang lebih baik dari apa yang kita harapkan. Ia tahu apa yang kita perlukan dan butuhkan melebihi diri kita sendiri. Oleh sebab itu, tetaplah berdoa kepadaNya sebab Ia akan selalu memberikan yang terbaik bagi kita.

Cara Berdoa Yang Benar Agar Doa Dijawab

Berdoa merupakan nafas kehidupan bagi setiap orang yang percaya kepadaNya. Terkadang muncul pertanyaan kapankah sebaiknya kita berdoa agar doa kita dijawab olehNya. Sebagai orang percaya, tentunya kita harus tahu dan menyadari bahwa kita harus berdoa setiap saat. Doa sebenarnya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Ketika kita berdoa di dalam hati, itu juga termasuk ke dalam berdoa sebab berdoa tidak harus selalu dinaikkan dengan sikap berdoa.

Namun, ada cara berdoa yang baik untuk dilakukan. Cara baik itu adalah dengan menyiapkan waktu kita, mencari tempat tenang lalu menenangkan hati dan mengharapkan kehadiran Tuhan, membaca Alkitab, menyatakan respon kita dengan berdoa, merenungkan firman yang telah dibaca. Bagi kita terkadang sulit untuk menyiapkan waktu khusus bagi Tuhan untuk berdoa. Seringkali kita terlalu sibuk dengan urusan pribadi kita dan seringkali melupakan Tuhan. Kita melakukan hal itu seakan kita bisa hidup tanpa bimbingan Tuhan. Kita hanya berdoa disaat kita bahagia saja. Jika kita seperti itu, bagaimana kita bisa bertumbuh dalam iman dan dapat mengerti maksud Tuhan dalam kehidupan kita? Marilah kita belajar untuk membangun hubungan yang dekat denganNya. Kita selalu menntut Tuhan untuk menjawab doa kita namun kita enggan untuk berdoa kepadaNya. Bagaimana bisa Ia menjawab doa kita?

Salah satu alasan mengapa Tuhan tidak menjawab doa kita adalah karena sikap kita dan isi doa kita yang tidak berkenan di hadapanNya. Lalu sebenarnya, bagaimana cara berdoa yang benar agar doa kita dijawab olehNya? Berikut merupakan cara berdoa yang berkenan di hadapanNya.

1. Percaya

Hal pertama yang harus kita miliki agar doa kita dijawab olehNya yaitu sikap percaya. Dengan sikap ini berarti kita percaya bahwa Allah akan mendengarkan setiap doa yang kita panjatkan kepadaNya. Dengan percaya, kita dapat memelihara iman kita kepada Allah. Sikap ini sangat penting kita miliki sebab bagaimana mungkin kita bisa berdoa tanpa percaya bahwa Ia benar-benar akan menjawab doa kita? Percaya juga akan membuat kita memiliki iman sehingga kita akan mengimani bahwa Allah akan mendengar dan mengabulkan doa kita.

2. Berpuasa

Berpuasa merupakan cara kita untuk membangun hubungan yang lebih intim dengan Allah. Dengan adanya hubungan yang lebih intim dengan Allah, maka Ia akan mendengarkan isi hati kita dan kita akan mampu mendengar suaraNya, Berpuasa bukanlah merupakan hal yang patut kita permainkan sebab di dalam puasa kuasa Tuhan nyata tercurah. Dengan berpuasa juga kita dapat memperbaiki sikap serta hati kita sehingga kita dimampukan ntuk mendengar suaraNya.

3. Minta bimbingan Roh Kudus

Roh Kudus merupakan Roh Allah yang adadalam diri setiap manusia. Roh Kudus akan membimbing kehidupan manusia dan akan memampukan manusia mendengar maksud Tuhan di dalam hidupnya. Oleh sebab itu, mintalah bimbingan Roh Kudus untuk menuntun kita lebih dekat denganNya dan agar kita dapat memahami maksud Allah di dalam hidup kita. Ketika kita sudah meminta bibingan Roh Kudus maka kita akan mampu mendengar suara Allah.

4. Berserah

Berserah berarti percaya sepenuhnya kepada Allah. Dengan berserah penuh kepada Allah tentunya Ia akan menjawab setiap doa kita dan akan memberikan jalan keluar atas setiap pergumulan yang kita hadapi. Ooleh sebab itu, ketika kita memiliki pergumulan, serahkanlah pergumulan itu kepada Allah maka Ia akan menjawab doamu.

5. Taat

Taat merupakan salah satu bentuk kesetiaan kita kepada Allah. Orang yang taat tentu hidupnya akan seturut dengan kehendak Allah sebab ia tidak ingin mengecewakan Allah. Sikap taat ini tentunya diperlukan ketika seseorang akan berdoa. Taat yang dimiliki akan membuat hati Tuhan tergerak. Oleh sebab itu, jika doa kita ingin dijawab oleh Allah taatlah kepadaNya dengan hidup seturt dengan kehendakNya. Senangkanlah hatiNya terlebih dahulu sebelum minta sesuatu kepadaNya.

6. Bersekutu

Bersekutu merupakan cara yang dapat kita lakukan agar doa kita dijawab olehNya. Bersekutu dengan orang yang percaya kepadaNya juga akan membuat kita semakon bertumbuh di dalam kasih Tuhan. Bahkan dalam Alkitab pun dikatakan jika dua atau tiga orang berkumpul dalam namaNya maka Ia akan hadi disana. Jika doa mu ingin dijawab olehNya cara berdoa yang benar yang dapat dilakuakn yaitu dengan bersekutu.

7. Berdoa Di Dalam Nama Yesus

Salah satucara berdoa yang benaryang terakhir agardoa kita dijawab olehNya adalah dengan berdoa di dalam namaNya. Ketika kita berdoa di dalam namaNya berarti kita menyerahkan doa itu hanya kepadaNya dan percaya bahwa Ia akan mendengar dan menjawab doa kita. Doa yang dinaikan dalam namaNya juga jauh lebih berkenan di hadapnNya. Bukankah memang segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini memang karenaNya? Oleh sebab itu mulailah berdoa dengan mengalaskan doa kita di dalam namaNya.

Doa merupakan hal istimewa yang Allah berikan bagi kita umatNya sehingga setiap hari haruslah kita berdoa kepadaNya. Ketika Tuhan belum menjawab doamu bukan berarti Ia tidak akan menjawabNya. Ia pasti akan menjawabnya menurut waktuNya sebab Ia tahu apa yang diperlukan oleh umatNya. Salah satu hal yang menyebabkan doa kita tidak dijawab olehNya adalah karena sikap atau isi doa kita yang tidak berkenan dihadapanNya. Oleh sebab itu berdoalah dengan benar seturut dengan kehendakNya. Kiranya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Elia A

Belum ada Komentar untuk "7 Cara berdoa yang benar ? Agar Doa Mu di Jawab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel