6 Doa Penenang Hati yang gelisah sedih dan kacau pikiran

Doa agar diberikan Ketenangan Hati
Setiap orang pasti seringkali mengalami ketakutan, kecemasan dan kegelisahan akan suatu hal. Bisa jai karena takut akan ujian besok atau mungkin kecemasan akan seseuatu hal yang belum tentu terjadi. Ketakutan, kecemasan dan kegilisahan tersebut seringkali membuat hati menjadi tidak karuan, pikiran tidak fokus serta tidak semangat dalam menjalani hari. Ketakutan tersebut tampa disadari juga berdampak bagi kesehatan dan bahkan hubungan dengan sesama dan Tuhan. Salah satu cara untuk menhilangkan kegalauan tersebut yaitu dengan berdoa.

Doa Penenang Hati


Ketiak tidak memiliki seseorang yang dapat menjadi tempat untuk berbagi, ingatlah masih ada Tuhan yang mau mendengarkan dan memberikan ketenangan kepada hati kita. Ketika hidup yang dijalani cukup sulit, ingatlah bahwa Tuhan akan selalu menyertai anak-anakNya. Ia tidak akan membiarkan anak-anakNya berjalan sendiri. Perlu diingat, doa merupakan sarana komunikasi kita dengan Tuhan. Tuhan memang tahu segala apa yang kita alami dan rasakan, namun Tuhan ingin kita jujur kepadaNya dengan mencurahkan semua yang kita rasakan kepadaNya. Ketika kita bersungguh-sungguh berdoa kepadaNya dan telah membangun hubungan yang baik denganNya, Tuhan pasti akan sertai dan memberikan kelegaan dan ketenangan kepada hati kita.

Berikut ini merupakan contoh doa penenang hati.

1. Doa ketenangan hati untuk bisa mengampuni
Bapa yang bertahta dikerajaan Surga, terima kasih atas penyertaanMu yang tak henti-hentinya Engkau curahkan kepada anakMu ini sehingga pada kesempatan malam hari ini hamba dapat datang untuk memuji dan memuliakan namaMu. Hamba tahu bahwa ini bukan karna kuat dan hebat hamba, namun ini semua berkat penyertaan dan kasih yang selalu Engkau nyatakan dalam diri anakmu ini.
Paa kesempatan malam hari ini hamba datang kepadaMu ya Bapa, membawa segala beban dalam hati hamba. Membawa hati yang terluka ya Bapa. Ya Bapa, banyak hal yang terjadi dalam hidup hamba yang tidak dapat dimengerti. Semua yang terjadi dalam hidup ini sungguh cepat berlalu. Suka, duka, canda tawa bahkan air mata. Semua itu Engkau ijinkan terjadi untuk mewarnai kehidupan anakMu ini.

Ya Bapa, tanpa hamba sadari banyak orang yang menyakiti hati hamba bahkan orang yang sangat dekat dengan anakmu ini telah mengecewakan dan menorehkan luka dalam hati hamba. Rasa benci dan amarah menyelimuti hati anakMu ini. Perasaan ingin membalaskan dendam bahkan mencelakakan seringkali terbesit di pikiran dan hati anakmu ini ya Bapa. Oleh sebab itu ya Bapa, pada kesempatan malam hari ini, ijinkan hamba meminta penyertaanMu dalam hidup dan hati anakMu ini. Balut setiap luka di hati hamba. Jangan biarkan amarah dan kebencian terus menghantui anakmu ini sehingga hati anakmu ini menjadi tidak tenang dan tidak dapat merasakan kasihMu ya Bapa. Ya Bapa, jangan biarkan anakMu ini berjalan lebih jauh dan mengandalkan kekuatan diri sendiri, tapi ya Bapa biarkanlah Engkau bekerja atas hati hamba.Mampukan anakmu ini untuk mengmpuni dan memperbaiki hubungan yang telah rusak. Ya Bapa kiranya Engkau bekerja atas hidup dan kehidupan hamba.Pakai anakMu ini seturut kehendakMu. Berikanlah anakMu ini kekuatan dan ketenangan hati. Bebaskanlah belenggu sakit hati ini. Ya Bapa, hamba hanya menyerahkan seluruhnya ke dalam tangan pengasihanMu. Dalam nama Tuhan Yeus hamba telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

2. Doa ketenangan hati untuk diberikan kelancaran dalam menjalani tugas
Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau tetap memberikan nafas kehidupan bagi anakMu ini sehingga pada pagi hari yang indah ini, anakmu masih dapat merasakan kasih an penyertaanMu dalam hidup hamba. Ya Bapa kiranya Engkau terlebih dahulu melayakkan dan mengkuduskan hamba agar kiranya hamba dapat datang dihadapanMu untuk memuji dan memuliakan namaMu. Ya Bapa sebelum hamba memulai aktivitas hamba pada pagi hari ini, hamba datang kepadaMu meminta penyertaanMu pada setiap apa yang hamba kerjakan pada hari ini. Ya Bapa, hamba adalah makhluk yang lemah yang tidak dapat hidup tanpa penyertaanMu, oleh sebab itu ya Bap jangan biarkan anakMu ini berjalan sendirian dan hanya mengandalkan kekuatan sendiri saja. Tetapi biarlah anaMu ini mengandalkan Engkau di setiap apa yang dikerjakan.

Ya Bapa, pada pagi ini hamba sangat takut dan tidak percaya akan diri hamba sendiri untuk menjalankan tugas yang diberikan yang telah menjadi tanggung jawab hamba untuk diselesaikan. Hamba merasa sangat lemah dan kecil ya Tuhan. Hamba merasa bahwa hamba tidak mampu untuk mengerjakannya dengan baik. Rasanya hamba ingin lepas dari tanggung jawab yang hamba punya ini. Rasanya hamba ingin memberikan tugas ini kepada orang lain yang jauh lebih pandai dan pasti mampu untuk melakukan yang lebih baik daripada hamba. Namun, hamba menyadari ya Bapa. Engkau yang telah mempercayakan tugas ini kepada hamba bukan tanpa alasan, namun itu semua karena Engkau tahu bahwa hamba dapat mengejakannya dengan baik. Oleh sebab itu ya Bapa, berikanlah anakmu ini hati dan pikiran yang tenang. Berikan anakmu ini hikmat agar kiranya anakmu ini dapat menyelesaikannya dengan baik. Ya Bapa, hamba bukanlah apa-apa tanpa Engkau. Engkau yang telah memampukan hamba sehingga hamba dapat berjalan sampai sejauh ini. Ya Bapa, hamba perlu bimbingan dan penyertaanMu pada hari ini disetiap apa yang hamba kerjakan. Jangan biarkan anakMu ini terus merasa takut dan tidak tenang. Ya Bapa kiranya kuasanya nyata dalam hidup hamba pada hari ini. Ya Bapa inilah doa dan permohonan hamba yang hamba panjatkan hanya di dalam namaMu. Engkau tahu apa yang hamba butuhkan. Hamba yakin dan percaya bahwa penyertaanMu selalu nyata dalam setiap langkah hidup hamba. Dalam nama Tuhan Yesus hamba telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

3. Doa ketenangan hati agar tidak khawatir
Ya Bapa, terima kasih atas segala berkat yang Kau curahkan kepada hamba segingga pada hari ini hamba tidak kekurangan satu apapun. Terima kasih atas segala berkat dan penyertaan yang tak henti-hentinya Kau crahkan kepada hamba. Ya Bapa, pada kesempatan sore hari ini hamba datang di hadapanMu untuk memuji dan memuliakan namaMu serta untuk menceritakan segala apa yang hamba rasakan pada saat ini. Ya Bapa, hamba tahu Engkau adalah Allah yang mengasihi hamba. Engkau tidak pernah meninggalkan anakMu sendiri. Engkau menopang hamba sehingga ketika hamba jatuh tidak akan sampai tergeletak. Ya Bapa betapa besar kasih yang hamba rasakan daripadaMu.

Pada sore hari ini, hamba datang ke hadapanMu ya Bapa. Dengan segala kerendahan hati memohon bimbingan dan penyertaanMu dalam hidup hamba. Ya Bapa, hamba tahu bahwa manusia tidak akan lepas dari rasa khawatir demikian hamba pada saat ini. Ya Bapa, hamba sangat khawatir dengan apa yang hamba jalani pada saat iini. Hamba khawatir akan kehidupan hamba, hamba khawatir akan masa depan hamba bahkan hamba khawatir akan apa yang harus hamba makan dan minum. Rasanya kekhawatiran ini semakin hari semakin besar ya Bapa. Ya Bapa,jangan biarkan anakMu ini terus merasa khawatir akan kehidupan ini. Jangan biarkan anakMu ini merasacemas akan apa yang terjadi dalam kehidupannya. Hamba mohon ya Bapa, tenangkanlah dan kuatkanlah hati hambaMu ini. Jangan biarkan kekhawatiran ini membuat hamba tidak dapat merasakan kasih dan kemuliaanMu di dalam kehidupan hamba. Ya Bapa hamba hanya menyerahkan hati dan kehidupan hamba ke dalam tanganMu. Inilah doa yang hamba panjatkan kepadaMu yang masih jauh dari kurang sempurna yang kami alaskan dalam satu nama yaitu Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.

4. Doa ketenangan hati agar diredakan dari rasa takut
Ya Tuhan, tak henti-hentinya kami mengucap syukur kepadaMu. Tak henti-hentinya kami berseru dan berharap kepadaMu. Tak henti-hentinya kami mengandalkan Engkau dalam setiap kehidupan kami. Ya Bapa, begitu anyak yang telah terjadi dalam kehidupan ini. Terkadang kami tidak mengerti mengapa semua itu harus terjadi dan Engkau ijinkan ada dalam kehidupan kami. Pada saat ini ya Bapa, hamba datang ke hadapanMu dengan segala kerendahan. Kiranya Engkau melayakkan anakMu ini untuk dapat datang di hadapanMu. Ini semua terjadi bukan karena kuat dan hebat hamba melainkan ini semua berkat penyertaanMu dalam kehidupan hamba. Ya Bapa, seringkali hamba merasa takut dan gentardalam menjalani kehidupan ini. Hamba merasa berjalan di tengah kegelapan dan terkadang hamba merasa tidak ada jalan yang bisa hamba alui. Hamba takut untuk jatuh ke dalam kesalahan yang sama. Hamba terlalu takut untuk menatap masa depan hamba. Terkadang ketakutan itu membuat hamba tidak menyadari kehadiranMu dalam kehidupan hamba. Oleh sebab itu ya Bapa, hilangkanlah rasa takut ini. Jangan biarkan hamba tidak melangkah maju. Hamba percayakan kehidupan hamba ke dalam tanganMu saja ya Bapa. Ketika orang lain meremehkan bahkan merendahkan hamba, hamba percaya Engkau akan meninggikan hamba. Engkau akan membuat masa depan hamba indah karena masa depan sungguh ada bagi kami anak-anakMu. Terima kasih ya Bapa. Inilah doa yang hamba naikkan i dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

5. Doa ketenangan hati agar dimampukan untuk menghadapi hari esok
Bapa yang bertahta di dalam Kerajaan Surga, terima kasih atas segala berkat yang Engkau limpahkan ke dalam kehidupan anakMu ini. Terima kasih karena sampai saat ini Engkau masih memberikan nafas kehidupan serta kesehatan kepada anakMu ini. Terima kasih atas penyertaanMu sepanjang hari ini mulai dari pagi sampai malam hari ini. Ya Bapa pada kesempatan malam hari ini, hamba datang ke hadiratMu memohon an berseru kepadaMu ya Bapa, namun terlebih dahulu kiranya Engkau melayakkan hamba agar hamba dapat layak di hadapanMu.Ampuni setiap dosa dan pelanggaran yang telah hamba perbuat baik disengaja maupun tidak disengaja yang telah menyakiti hati sesama hamba bahkan menyakitiMu ya Bapa. Jangan biarkan dosa yang telah hamba lakukan ini menghalangi hamba dari kasihMu. Oleh sebab itu ya Bapa, kiranya Engkau mau mengampuni setiap dosa yang telah hamba lakukan.

Ya Bapa, pada kesempatan malam hari ini hamba menyerahkan hari esok yang hamba akan jalani hanya ke dalam tanganMu saja ya Bapa. Entah mengapa ada rasa takut dalam diri hamba akan hari esok yang menanti hamba. Hamba takut akan apa yang hamba kerjakan, hamba takut hamba tidak dapat beraktivitas dengan baik bahkan hamba takut akan sesuatu yang belum pasti terjai di dalam kehidupan hamba. Karena ketakutan hamba ini, sering kali hamba merasa jauh daripadaMu ya Bapa. Karena rasa takut ini pula hamba menjadi lebih sering mengandalkan kekuatan hamba sendiri sehingga hamba lupa bahwa hamba memiliki Allah yang sungguh luar biasa. Oleh sebab itu, hamba menyerahkan hari esok ke dalam tanganMu ya Bapa. Hamba tahu Engkau akan menyertai dan mencukupi setiap apa yang hamba perlukan karena Engkau adalah Allah yang kaya dan penuh kasih. Jangan biarkan ketakutan ini terus ada dalam hati dan pikiran hamba ya Bapa. Tenangkanlah hati hamba. Kiranya hanya kasihMu sajalah yang tercurah dalam diri hamba pada saat ini ya Bapa. Kiranya saat esok hari hamba sudah bangun, hamba dapat bersuka cita dan dapat dengan kuat menghadapi apa yang akan terjadi. Ya Bapa, inilah doa yang hamba panjatkan kepadaMu yang masih jauh dari kurang sempurna. Kiranya sempurnakanlah doa ini ya Bapa. Dalam nama Tuhan Yesus hamba telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

6. Doa ketenangan hati agar mau menerima hal yang telah terjadi
Bapa yang betahta dalam kerajaan Surga, Bapa yang kami sembah, terima kasih atas setiap bekat yang telah Kau berikan kepada kami semua sehingga kami tidak pernah kekrangan satu apapun. Terima kasih karena Engkau adalah Allah yang tidak pernah meninggalkan kami sendiri dalam keadaan suka maupun duka. Engkau adalah Allah yang selalu menguatkan kami ketika kami lemah. Engkau adalah Allah yang setia dan penuh kasih. Engkau selalu memberikan apa yang kami perlukan menurut kehendakMu.

Ya Bapa, seringkali apa yang terjadi dalam kehidupan kami tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan. Terkadang kekecewaan, kesedihan serta kemarahan timbul ketika kehidupan yang kami jalani tidak seperti harapan kami. Seringkali kami lupa bahwa apa yang telah Kau berikan kepada kami adalah baik adanya. Engkau tahu apa yang kami perlukan. Kami tahu bahwa kami tidak apat mengubah apa yang telah terjadi. Kami juga menyadari bahwa kami tidak dapat kembali dan memutar waktu kami. Kami tidak dapat memperbaiki apa yang telah terjadi di masa lalu. Oleh sebab itu ya Bapa, biarlah kami mau menerima apa yang telah terjadi dalam kehidupan kami sebagaimana adanya, bukan seperti yang kami kehendaki melainkan seperti yang telah Kau kehendaki. Kami percaya ya Bapa, bahwa Engkau telah membuat segala sesuatu dalam kehidupan kami baik adanya. Engkau mengetahui kami lebih dari apa pun. Oleh sebab itu ya Bapa, berikanlah kami kerelaan dan ketenangan hati dalam menghadapi apa yang ada di depan kami. Berikanlah kami keikhlasan untuk menerima segala apa yang telah terjadi dalam kehidupan kami karena ami tahu dan kami percaya segala sesuatunya telah Kau ijinkan terjadi dalam kehidupan kami. Biarlah kuasaMu sajalah yang nyata dalam kehidupan kami. Inilah doa yang kami panjatkan yang kami alaskan dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Demikianlah contoh doa agar diberikan ketenangan hati. Doa ini hanya sebagai referensi saja. Ketika berdoa tenangkanlah hati dan pikiran terlebih dahulu. Kemudian serahkanlah segala pergumulan, ketakutan, kecemasan dan kegelisahan hanya kepada Dia yang selalu menyertai kita. Ketika kita berdoa bersungguh-sungguh kepadaNya, Ia pasti akan menjawab setiap seruan anak-anakNya. Perlu diingat, doa merupakan bentuk komunikasi kita kepada Tuhan. Biarlah kuasanya tercurah kedalam hati, pikiran dan perkataan kita.Tuhan Yesus memberkati.

Elia A

1 Komentar untuk "6 Doa Penenang Hati yang gelisah sedih dan kacau pikiran"

  1. terima kasih kerana doa ini ku semakin dekat dengan tuhan.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel