CONTOH DOA SYAFAAT di Gereja Dan di Rumah Tangga update 2019

Doa Syafaat
Doa merupakan bentuk komunikasi kita kepada Bapa di Sorga. Dengan berdoa kita bisa berbicara dengan Tuhan seperti seorang anak yang berbicara kepada bapanya. Dengan berdoa juga kita dapat mencurahkan segala isi hati dan keinginan kita kepadaNya. Ketika kita berdoa dengan sungguh-sungguh, maka Ia akan memberikan yang terbaik bagi kita. Tuhan tidak menginginkan doa yang panjang dan bertele-tele. Seringkali doa disalah artikan oleh sebagian orang dimana beberapa orang beranggapan bahwa makin panjang doa yang dinaikkan kepada Tuhan maka Tuhan akan mendengarnya.

CONTOH DOA SYAFAAT


Bapa di Sorga tidak buta dan tidak tuli, ketika kita berdoa dengan sungguh-sungguh kepadaNya maka Tuhan akan mendengarkannya. Janganlah berdoa hanya ingin dilihat dan dikenal orang sehingga orang lain menganggap  kita pandai berdoa, namun jadikanlah doa itu sebagai bentuk komunikasi dan hubungan pribadi kita dengan Allah.

Lalu apakah itu doa syafaat?

Doa syafaat merupakan doa yang diucapkan untuk orang lain bisa untuk kegiatan di Gereja, bangsa dan negara ataupun untuk kehidupan sehari-hari. Dalam doa syafaat umumnya ada beberapa topik yang didoakan dan biasanya ditutup dengan Doa Bapa Kami. Ketika mengawali doa, pastikan kita mengucap syukur terlebih dahulu kepada Tuhan, memuji dan memuliakan namanya, mengakui segala dosa dan kesalahn kita baru mengajukan permohonan yang kita doakan. Isi dari doa syafaat terbesut dapat diatur dengan cara bertahap dan tidak terburu-buru. Biasanya doa syafaat sering kita dengar pada Ibadah Raya di Gereja, Ibadah Rumah Tangga, Ibadah Pemuda, Ibadah Kaum Wanita, Ibadah Kaum Pria dan Ibadah Sekolah Minggu. Isi dari doa syafaat pun berbeda tergantung dari konteks dan dimana kita berdoa syafaat sehingga menyesuaikan kedaan yang ada.

Cara berdoa syafaat yang baik dan benar yaitu mempersiapkan topik doa yang akan dibawakan dalam doa syafaat, merendahkan diri di hadapan Tuhan, menaikkan satu atau dua lagu pujian sebagai ungkapan syukur kepada Allah, berdoa dengan sungguh-sungguh kepadaNya serta mengakhirinya dengan doa syukur dan menyempurnakan doa syafaat yang telah dinaikkan dengan Doa Bapa Kami.

Berikut ini merupakan contoh-contoh doa syafaat.

1. Doa Syafaat Ibadah Raya di Gereja
Bapa yang bertahta di dalam Kerajaan Sorga, terima kasih atas penyertaanMu pada hari ini sehingga kami bisa hadir di GerejaMu untuk memuji dan memuliakan namaMu. Kami ada di tempat ini bukan karena kuat dan hebat kami, namun itu semua karena berkat kasihMu kepada kami. Pada kesempatan pagi hari ini, kami ingin berdoa bagi jemaatMu di tempat ini yang sedang mengalami sakit atau pemulihan. Kiranya Engkau sertai mereka dimana pun mereka berada. Berikanlah mereka kesembuhan sehingga mereka dapat berkumpul kembali di tempat ini bersama dengan kami untuk memuji dan memuliakan namaMu. Tak lupa kami juga berdoa bagi saudara kami yang sedang berulang tahun atau ulang tahun pernikahan. Kiranya Engkau sajalah yang menyertai mereka di usia baru mereka. Sertai mereka dan jadikanlah mereka pribadi yang takut akan Engkau dan terus memuji dan memuliakan namaMu. Pakai mereka seturut dengan kehendakMu saja ya Bapa.

Bapa di Sorga, kami juga ingin berdoa bagi pelayanan gerejaMu di tempat ini. Kiranya Engkau sertai setiap kegiatan yang kami rencanakan, kiranya Engkau lancarkan an sertai. Kiranya setiap apa yang kami lakukan di tempat ini dapat menyenangkan hatiMu dan menjadi berkat bagi sesama. Kiranya juga Engkau sertai warga sekitar di tempat ini agar kiranya mereka dapat terus mendukung setiap kegiatan yang kami lakukan. Kami juga berdoa bagi para pelayanMu di tempat ini. Kiranya mereka dapat melayani Engkau dengan kesungguhan hati dan bukan karena paksaan. Biarlah apa yang mereka kerjakan dapat menyenangkan hatiMu dan dapat menjadi persembahan yang harum bagi hormat dan kemuliaan namaMu.

Tidak lupa juga Tuhan, kami berdoa bagi jemaatmu yang ada di tempat ini. Kiranya Kau memberikan kasih dan penyertaanMu selalu kepada kami semua. Berkati keluarga, pekerjaan bahkan pendidikan yang sedang kami tempuh. Bagi jemaat kami yang membutuhkan pekerjaan atau yang seang merindukan pasangan hidup, kiranya Engkau saja yang sertai dan berikan karena Engkau tahu apa yang kami butuhkan.

Kiranya Engkau juga memberkati bangsa dan negara ini. Engkau memberkati pemerintahannya mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah kiranya kuasaMu nyata di tengah-tengah pemimpin yang memimpin bangsa dan negara ini. Kiranya juga Engkau memberikan kedamaian dan keamanan kepada bangsa dan negara kami.

Ya Bapa, sebenarnya masih banyak doa dan permohonan yang ingin kami panjatkan kepadaMu. Namun kami tahu, Engkau terlebih dahulu mengetahui apa yang ingin kami sampaikan dan apa yang kami perlukan. Doa yang masih jauh dari kurang sempurna ini kami alaskan hanya di dalam namaMu saja. Dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa dan mengucap syukur, Amin.(Doa syafaat ini dapat pula diakhiri dengan Doa Bapa Kami).


2 Doa Syafaat Ibadah Rumah Tangga
Ya Bapa, terima kasih atas penyertaanMu yang tak henti-hentinya Kau curahkan kepada kami sehingga pada kesempatan sore hari ini kami dapat berkumpul di tempat ini untuk memuji dan memuliakan namaMu. Kami menyadari ya Bapa, kami dapat berkumpul disini bukan karna kuat dan hebat kami namun ini semua karena penyertaanMu yang tak henti-hentinya Kau curahkan kepada kami. Terima kasih ya Bapa ata Firman yang telah kami baca, kiranya Firman tersebut dapat kami renungkan dan dapat menjadi terang dalam setiap langkah hidup kami. Kami menyadari akan setiap kelemahan kami ya Bapa, oleh sebab itu kiranya Engkau selalu menyertai kami dimanapun kami berada.

Pada kesempatan kali ini, kami ingin berdoa bagi keluarga di tempat ini. Kiranya Engkau yang selalu menyertai keluarga di tempat ini. Berkati suami, istri dan anak-anaknya. Berkati pekerjaan maupun pendidikan yang sedang di tempuh. Kiranya Engkau memakai keluarga di tempat ini seturut dengan kehendakMu. Kiranya kuasaMu nyata di tempat ini.

Kami juga berdoa bagi seluruh jemaatMu yang hadir pada kesempatan sore hari ini maupun yang belum dapat hadir. Kiranya Engkau juga turut memberkati suami, istri beserta anak-anaknya. Berkati juga perkerjaan dan pendidikan yang sedang ditempuh. Kami adalah makhluk yang lemah. Kami sadar ya Bapa bahwa kami tidak bisa hidup tanpa Engkau.Oleh sebab itu ya Bpa, kiranya Engkau menyertai keluarga di tempat ini. Bentuk keluarga di tempat ini seturut dengan kehendakMu. Kiranya kami dapat terus merasakan kasih dan penyertaanMu yang nyata dalam kehidupan kami dan keluarga kami.

Sebentar kami akan pulang ke tempat kami masing-masing ya Bapa, kiranya Engkau sertai setiap aktivitas yang akan kamu lakukan setelah pulang dari tempat ini. Ya Bapa, inilah doa dan ucapan syukur yang kami panjatkan kepadaMu. Kami tahu ya Bapa, Engkau sudah menggetahui terlebih dahulu doa yang ingin kami sampaikan kepadaMu. Doa ini kami naikkan hanya di dalam namaMu Tuhan kami Yesus Kristus. Amin. (Doa syafaat ini juga dapat diakhiri dengan doa Bapa Kami).

Demikianlah contoh doa syafaat Ibadah Raya di Gereja serta doa syafaat Ibadah Rumah Tangga. Kiranya contoh doa syafaat ini dapat menjadi referensi bagi kita semua. Namun perlu diingat, sebelum berdoa mintalah hikmat dari Tuhan. Jangan terpaku kepada teks yang telah dibuat atau dipelajari karena doa merupakan bentuk ucapan syukur dan curahan isi hati kita kepada Tuhan sehingga doa bukanlah sesuatu yang perlu dihafal namun doa merupakan sesuatu yang harusnya mengalir begitu saja. Tuhan Yesus memberkati.

Elia A.

Belum ada Komentar untuk "CONTOH DOA SYAFAAT di Gereja Dan di Rumah Tangga update 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel